VIDEO DOKUMENTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL UNTUK SMA/MA KELAS XII

Nur Fadilah, NIM.: 20104060010 (2025) VIDEO DOKUMENTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL UNTUK SMA/MA KELAS XII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (VIDEO DOKUMENTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL UNTUK SMA/MA KELAS XII)
20104060010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (VIDEO DOKUMENTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL UNTUK SMA/MA KELAS XII)
20104060010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kimia pada materi makromolekul sering kali dipersingkat karena keterbatasan waktu di akhir semester dua. Siswa lebih banyak ditugaskan belajar secara mandiri dengan merangkum dan menghafalmateri yang bersifat deskriptif. Sebagian besar pendidik belum banyak menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan video dokumenter berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran kimia pada materi makromolekul. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video dokumenter berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran kimia, menganalisis kualitas media tersebut dan menganalisis respon peserta didik terhadap media video dokumenter. Pengembangan ini menggunakan model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Namun, pada tahap disseminate hanya dilakukan pengunggahan media video dokumenter di Youtube dan google drive. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, 3 peer-reviewer, 3 reviewer (pendidik kimia) serta direspon oleh 20 peserta didik kelas XII SMA Kolombo di Sleman Yogyakarta. Penilaian kualitas dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket skala likert. Sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan instrumen skala guttman. Media pembelajaran kimia yang dihasilkan berupa video dokumenter yang memuat kearifan lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Bantul. Media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh penilaian sangat baik menurut para ahli dengan presentase keidealan sebesar 87,5% dan guru kimia 92,13%. Video dokumenter berbasis kearifan lokal yang terdiri dari dua sub materi makromolekul protein dan lemak ini mendapat respon positif dari peserta didik sebesar 97,41%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilakukan penyebaran secara luas sebagai tindak lanjut penelitian sehingga dapat dimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Paed. Asih Widi Wisudawati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: documentary videos; local wisdom; learning media; macromolecules
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2025 14:39
Last Modified: 11 Jul 2025 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum