PENGARUH PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN URUTAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA ANAK SHALEH SUWAYUWO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN

Adela Tsamrotul Fikriyah, NIM.: 23204031003. (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN URUTAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA ANAK SHALEH SUWAYUWO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN URUTAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA ANAK SHALEH SUWAYUWO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN)
23204031003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN URUTAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA ANAK SHALEH SUWAYUWO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN)
23204031003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Usia dini merupakan masa keemasan perkembangan anak yang sangat responsif terhadap stimulasi, termasuk dalam hal menghafal dan mengurutkan. Di RA Anak Shaleh Suwayuwo, banyak anak usia 5–6 tahun mengalami kesulitan dalam menghafal dan memahami Asmaul Husna. Tujuan penelitian ini guna untuk memahami: (1) pengaruh metode Kauny Quantum Memory pada kemampuan mengahafal anak kelompok B, (2) pengaruh metode Kauny Quantum Memory pada kemampuan urutan Asmaul Husna pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Proses penelitian dilakukan menggunakan observasi atau pengamatan dalam 2 kelompok pembelajaran, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, serta menggunakan proses dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di RA Anak Shaleh Suwayuwo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Teknik dalam pengambilan sampel yakni dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel penelitian yang digunakan berjumlah 40 anak, 20 anak kelas B1 yang akan menjadi kelompok eksperimen dan 20 anak kelas B2 yang akan menjadi kelompok kontrol. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design, untuk mengatahui perkembangan kemampuan menghafal dan urutan Asmaul Husna. Teknik analisis data melalui aplikasi SPSS 25 dengan analisis deskriptif untuk mencari informasi dari kondisi subyek berupa kemampuan menghafal dan urutan Asmaul Husna anak kelompok B (5-6 tahun) dalam bentuk data angka deskriptif berupa (mean, median, modus, range, standart deviasi, varian, nilai minimal dan nilai maksimal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) metode Kauny Quantum Memory (X) berpengaruh signifikan pada kemampuan menghafal (Y1) dengan t-hitung posttest kelompok eksperimen sebesar -8.917 dengan taraf signifikan 0.00 < 0,005. (2) Metode Kauny Quantum Memory (X) berpengaruh pada kemampuan urutan Asmaul Husna (Y2) dengan t-hitung posttest kelompok eksperimen sebesar -6.711 dengan taraf signifikan 0.00 < 0,005.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Ichsan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: menghafal, urutan Asmaul Husna; metode Kauny Quantum Memory
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2025 15:18
Last Modified: 11 Jul 2025 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum