Farida Aryanti, NIM.: 21104080015 (2025) PENGEMBANGAN E-BOOKLET PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS 5 SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS 5 SD/MI)
21104080015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN E-BOOKLET PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS 5 SD/MI)
21104080015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Pancasila materi keragaman budaya di SDIT Salsabila Al- Muthi’in membutuhkan media yang memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dengan media berbasis digital yang berbentuk nyata seperti e-Booklet. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran digital berupa e-Booklet diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk membantu peserta didik memahami materi keragaman budaya secara lebih menarik dan interaktif. E-Booklet ini tidak hanya menyajikan teks, tetapi juga dilengkapi dengan gambar visual, video, dan permainan edukatif yang dirancang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih aktif, tertarik, dan terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk, kelayakan produk serta respon peserta didik terhadap produk e-Booklet Keragaman Budaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang ditemukan oleh Thiagarajan dengan modifikasi dalam 3 tahapan (define, design, dan develop) tanpa adanya disseminate. Penelitian ini dilakukan pada 29 siswa kelas 5A di SDIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Yogyakarta. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran e-Booklet pada materi keragaman budaya untuk SD/MI. Hasil dari validasi kelayakan oleh ahli materi dengan persentase (91,6 %), ahli media dengan persentase (94,2%), ahli bahasa dengan persentase (92,3 %). Adapun hasil penilaian ahli praktisi atau dari guru wali kelas 5A adalah (96,3%) termasuk ke dalam kategori sangat layak. Rata-rata dari keempat penilaian tersebut mencapai (93,6%) yang termasuk dalam kategori sangat layak. Sementara itu hasil respon siswa kelas 5A memperoleh persentase (87,3%) dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli dan respon pengguna, media pembelajaran e-Booklet pada materi keragaman budaya untuk SD/MI dinyatakan sangat layak sebagai media untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi keragaman budaya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | M. Saidul Muzakki, S.Pd.I., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | e-Booklet; keragaman budaya; media pembelajaran |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 11:55 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 11:55 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71920 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
