TATBIQ TARIQAH AL-KITABAH FI TA`LIM AL-HURUF AL-HIJA'IYAH LIL-SAMM FI RUMAH MARHABAN MAGELANG LIL-SANAH AL-DIRASIYAH 2024/2025

Nabila Birkiyanil Mustofa, NIM.: 20104020024 (2025) TATBIQ TARIQAH AL-KITABAH FI TA`LIM AL-HURUF AL-HIJA'IYAH LIL-SAMM FI RUMAH MARHABAN MAGELANG LIL-SANAH AL-DIRASIYAH 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TATBIQ TARIQAH AL-KITABAH FI TA`LIM AL-HURUF AL-HIJA'IYAH LIL-SAMM FI RUMAH MARHABAN MAJILANJ LIL-SANAH AL-DIRASIYAH 2024/2025)
20104020024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TATBIQ TARIQAH AL-KITABAH FI TA`LIM AL-HURUF AL-HIJA'IYAH LIL-SAMM FI RUMAH MARHABAN MAJILANJ LIL-SANAH AL-DIRASIYAH 2024/2025)
20104020024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini fenomena tampilnya para penyandang disabilitas yang pandai membaca dan menghafalkan Al-Qur’an belakangan ini menarik perhatian masyarakat. Sebab dengan keterbatasan fisik yang berbeda pada umumnya bukan menjadi penghalang untuk dapat berinteraksi dengan Al-Qur’an. Perhatian masyarakat akan kebutuhan pendidikan disabilitas, khususnya pada pendidikan Al-Qur’an di tandai dengan berdirinya pondok pesantren dan yayasan khusus untuk disabilitas. Saat melakukan observasi, salah satu lembaga yang aktif dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dengan menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan anak tunarungu, pembelajaran al-Qur’an menggunakan isyarat sesuai kaidah Lembaga Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) serta pendidikan agama islam adalah Rumah Marhaba Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat pada saat poses pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan metode kitabah pada anak tunarungu di Rumah Marhaba Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh santri Rumah Marhaba beserta guru pengampu pembelajaran huruf hijaiyah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan metode kitabah terlaksana sesuai dengan kaidah isyarat yang telah diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. 2) faktor pendukung saat pembelajaran meliputi; antusias semangat para santri, pengajar yang kompeten, metode yang sesuai, fasilitas yayasan yang memadai, serta dukungan dari keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu; keterbatasan pendengaran para peserta didik beserta pengajarnya, emosional yang berbeda-beda, kemampuan yang berbeda-beda, jumlah pengajar yang terbatas, perbedaan tingkat pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Huruf Hijaiyah, Metode Kitabah, Tunarungu
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2025 10:51
Last Modified: 29 Jul 2025 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum