EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI

Dea Rizki Febriyanti, NIM.: 21104080074 (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI)
21104080074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI)
21104080074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dapat berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa salah satunya pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan pelaksanaan eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ke efektivan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika kelas V SD Muhammadiyah Sokonandi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Sokonandi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni dengan clauster sampling, dimana kelas yang dipilih yakni kelas VA yang berjumlah 28 siswa dan kelas VB yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal tes matematika dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli. Data diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Data yang diperoleh tidak berdistribusi normal sehingga dilakukan uji hipotesis non parametrik menggunakan uji Wilcoxon signed rank test, kemudian uji N-gain untuk melihat ke efektivannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. Nilai rata-rata posttest yakni sebesar 71,67 sedangkan nilai ratarata pretest sebesar 46,11. Sedangkan, hasil uji non parametrik dengan uji Wilcoxon signed rank test diperoleh nilai asymp.sig (2-tailed) = < 0,001. Nilai tersebut < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada uji efektivitas dengan uji N-gain diperoleh hasil 60,24%, dimana termasuk dalam kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dikategorikan cukup efektif pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Model STAD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:09
Last Modified: 24 Jul 2025 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum