Fitriyani Sanuhung, NIM.: 23204011019 (2025) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA DI SMK NEGERI 1 KALASAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA DI SMK NEGERI 1 KALASAN)
23204011019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA DI SMK NEGERI 1 KALASAN)
23204011019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini yakni banyaknya pengembangan pendidikan yang didasarkan pada faktor eksternal tanpa melibatkan faktor internal siswa khususnya melalui pendekatan psikologi yakni adversity quotient dan self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara diteliti adversity quotient dan self-efficacy terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kalasan pada 1 november hingga 13 desember 2024. Populasi yang digunakan yakni sebanyak 1101 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel didapatkan sebanyak 293 siswa. Teknik penarikan anggota sampel menggunakan simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu adversity quotient (X1) dan self-efficacy (X2). Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar pendidikan agama islam (Y). Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner secara tertutup. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Analisis data penelitian ini menggunakan metode statistik parametrik yaitu uji korelasi, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adversity quotient memiliki hubungan yang kuat terhadap motivasi belajar PAI siswa SMK Negeri 1 Kalasan dengan nilai R sebesar 0,682, dan memberikan kontibusi sebesar 46,5%. Self-efficacy memiliki hubungan yang kuat terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMK negeri 1 Kalasan dengan nilai R sebesar 0,626 dan memberikan pengaruh sebesar 39,2%. Kemudian secara simultan adversity quotient dan self-efficacy memiliki hubungan yang kuat terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMK Negeri 1 Kalasan dengan nilai R yaitu 0,705 dan memberikan pengaruh sebesar 49,7%.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Adversity Quotient, Self-efficacy, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 09:46 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 09:46 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72125 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
