MENGHIDUPKAN SENI MUSIK HADRAH DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM BOYOLALI SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA

Qorri ‘Aina Luthfi Rokhani, NIM.: 21104010002 (2025) MENGHIDUPKAN SENI MUSIK HADRAH DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM BOYOLALI SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGHIDUPKAN SENI MUSIK HADRAH DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM BOYOLALI SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA)
21104010002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MENGHIDUPKAN SENI MUSIK HADRAH DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM BOYOLALI SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA)
21104010002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Seni musik Hadrah merupakan bagian dari kesenian Islam yang mengandung nilai-nilai spiritual, moral, dan sosial. Secara ideal, Hadrah diyakini mampu menjadi sarana pembentukan karakter religius peserta didik, seperti menumbuhkan kedisiplinan, tanggung jawab, kekompakan, dan kecintaan terhadap nilai-nilai keislaman. Namun, pada kenyataannya masih dijumpai perilaku peserta didik di MA Nurul Islam Boyolali yang belum mencerminkan karakter religius secara optimal, seperti menunda pelaksanaan ibadah, kurang sopan dalam berinteraksi, serta rendahnya partisipasi dalam kegiatan keagamaan. Berdasarkan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi menghidupkan seni musik Hadrah di MA Nurul Islam Boyolali; dan 2) mendeskripsikan peran seni musik Hadrah dalam memperkuat karakter religius siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang bertujuan untuk mengekplorasi secara mendalam mengenai implementasi menghidupkan seni musik Hadrah serta perannya dalam membentuk karakter religius siswa di MA Nurul Islam Boyolali. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, guru pembina, dan juga siswa yang mengikuti kegiatan Hadrah serta beberapa siswa lain sebagai penikmat alunan musik Hadrah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi guna memperoleh data yang komprehensif. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan metode triangulasi dengan memadukan berbagai teknik pengumpulan data, serta melibatkan beragam perspektif informan untuk meningkatkan validitas temuan. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa menghidupkan seni musik Hadrah dilaksanakan secara rutin melalui kegiatan latihan dan penampilan dalam berbagai kegiatan keagamaan. Kegiatan ini terbukti efektif dalam membentuk karakter religius siswa, antara lain melalui peningkatan kedisiplinan, kekompakan, rasa tanggung jawab, dan spiritualitas. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: 1) medeskripsikan pelaksanaan kegiatan menghidupkan seni musik Hadrah di MA Nurul Islam Boyolali, 2) menganalisis peran kegiatan menghidupkan seni musik Hadrah dalam membentuk dan memperkuat karakter religius siswa di lingkungan madrasah, 3) mengidentifikasikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatann Hadrah sebagai media pembentukan karakter relgius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Indriyani Ma’rifah, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Seni Musik Hadrah, Penguatan Karakter, Religius Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:43
Last Modified: 31 Jul 2025 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum