TA'THIR AL-DA'M AL-IJTIMA'I MIN AL-AQRAN 'ALA AL-MURUNAH AL-AKADIMIYA LI-TULLAB SAFF AL-I'DADI FI TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYA BI-MADRASAH 'ALI MA'SUM AL-'ALIYAH AL-ISLAMIYA YOGYAKARTA FI AL-'AM AL-DIRASI 2025/2024

Yunita Catur Wulandari, NIM.: 21104020006 (2025) TA'THIR AL-DA'M AL-IJTIMA'I MIN AL-AQRAN 'ALA AL-MURUNAH AL-AKADIMIYA LI-TULLAB SAFF AL-I'DADI FI TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYA BI-MADRASAH 'ALI MA'SUM AL-'ALIYAH AL-ISLAMIYA YOGYAKARTA FI AL-'AM AL-DIRASI 2025/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TA'THIR AL-DA'M AL-IJTIMA'I MIN AL-AQRAN 'ALA AL-MURUNAH AL-AKADIMIYA LI-TULLAB SAFF AL-I'DADI FI TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYA BI-MADRASAH 'ALI MA'SUM AL-'ALIYAH AL-ISLAMIYA YOGYAKARTA FI AL-'AM AL-DIRASI 2025/2024)
21104020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TA'THIR AL-DA'M AL-IJTIMA'I MIN AL-AQRAN 'ALA AL-MURUNAH AL-AKADIMIYA LI-TULLAB SAFF AL-I'DADI FI TA'ALLUM AL-LUGHAH AL-'ARABIYA BI-MADRASAH 'ALI MA'SUM AL-'ALIYAH AL-ISLAMIYA YOGYAKARTA FI AL-'AM AL-DIRASI 2025/2024)
21104020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Ali Maksum Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas i’dadiyah di MA Ali Maksum yang berjumlah 112 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 2 kelas dari 4 kelas i’dadiyah yaitu 56 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi JASP versi 0.18.0.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana bentuk dukungan sosial teman sebaya yang ada di kelas i’dadiyah MA Ali Maksum (2) bagaimana kondisi resiliensi akademik yang dimiliki santri kelas i’dadiyah MA Ali Maksum (3) bagaimana pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi akademik siswa kelas i’dadiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ali Maksum Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bentuk dukungan sosial teman sebaya yang terbentuk pada siswa kelas i’dadiyah MA Ali Maksum masuk dalam kategori sedang. (2) kondisi resiliensi akademik siswa kelas i’dadiyah MA Ali Maksum masuk dalam kategori sedang. (3) Hasil perhitungan menunjukkan nilai p-value sebesar 0,001 yang lebih kecil dari tingkat signifikan 0,05. Artinya, dukungan sosial teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiliensi akademik siswa. Sedangkan nilai R2 yang diperoleh sebesar 0,238, nilai ini menunjukkan adanya kontribusi variable dukungan sosial teman sebaya sebesar 23,8% dalam menjelaskan variable resiliensi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Resiliensi Akademik, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Aug 2025 10:31
Last Modified: 05 Aug 2025 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum