TAHLIL AL-KITAB AL-MADRASI AL-'ARABI LIL-SAFF AL-THALITH BI-MADRASAT AL-IBTIDA'IYAH AL-SADIR 'AN AL-RI'ASAH AL-MARKAZIYAH LIL-JAM'IYAH AL-HAMIDIYAH LI-'AM 2024 BINA'AN 'ALA AHKAM AL-HAY'AH AL-WATANIYAH LI-MA'AYIR AL-TA'LIM

Warotsatul Firqotunnaajiyah, NIM.: 21104020058 (2025) TAHLIL AL-KITAB AL-MADRASI AL-'ARABI LIL-SAFF AL-THALITH BI-MADRASAT AL-IBTIDA'IYAH AL-SADIR 'AN AL-RI'ASAH AL-MARKAZIYAH LIL-JAM'IYAH AL-HAMIDIYAH LI-'AM 2024 BINA'AN 'ALA AHKAM AL-HAY'AH AL-WATANIYAH LI-MA'AYIR AL-TA'LIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAHLIL AL-KITAB AL-MADRASĪ AL-'ARABI LIL-SAFF AL-THALITH BI-MADRASAT AL-IBTIDA'IYAH AL-SADIR 'AN AL-RI'ASAH AL-MARKAZIYAH LIL-JAM'IYAH AL-HAMIDIYAH LI-'AM 2024 BINA'AN 'ALA AHKAM AL-HAY'AH AL-WATANIYAH LI-MA'AYIR AL-TA'LIM)
21104020058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TAHLIL AL-KITAB AL-MADRASĪ AL-'ARABI LIL-SAFF AL-THALITH BI-MADRASAT AL-IBTIDA'IYAH AL-SADIR 'AN AL-RI'ASAH AL-MARKAZIYAH LIL-JAM'IYAH AL-HAMIDIYAH LI-'AM 2024 BINA'AN 'ALA AHKAM AL-HAY'AH AL-WATANIYAH LI-MA'AYIR AL-TA'LIM)
21104020058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan buku teks Bahasa Arab Kelas 3 SD/MI terbitan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah tahun 2024 berdasarkan empat standar penilaian dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis) dan merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data diperoleh dari buku teks sebagai sumber primer dan didukung oleh jurnal, artikel, serta skripsi relevan sebagai sumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut memiliki kelebihan dalam penyajian materi yang sesuai dengan usia peserta didik, ilustrasi menarik, dan tampilan visual yang mendukung pembelajaran. Namun, ditemukan beberapa kekurangan, seperti jumlah kosakata (mufrodat) yang tidak memenuhi ketentuan minimal BSNP, inkonsistensi penggunaan harakat akhir pada beberapa bab, serta kurangnya variasi materi dan latihan soal. Penilaian secara keseluruhan menunjukkan bahwa buku ini berada pada kategori “layak” digunakan dalam proses pembelajaran, namun perlu perbaikan pada aspek tertentu agar lebih efektif dan sesuai standar nasional. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan acuan bagi pengembang buku teks serta pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di tingkat dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Bahasa Arab, Kelas 3 SD/MI, BSNP, Muhammadiyah
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Aug 2025 10:10
Last Modified: 20 Aug 2025 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72423

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum