PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR'AN SISWA KELAS ATAS MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ YAA BUNAYYA MOJOKERTO

Faqih Maulana Al-Haq, NIM.: 21104090076 (2025) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR'AN SISWA KELAS ATAS MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ YAA BUNAYYA MOJOKERTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR'AN SISWA KELAS ATAS MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ YAA BUNAYYA MOJOKERTO)
21104090076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR'AN SISWA KELAS ATAS MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ YAA BUNAYYA MOJOKERTO)
21104090076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan upaya terstruktur untuk mengembangkan potensi individu, termasuk dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz Yaa Bunayya Mojokerto. Penelitian skripsi ini dilaksanakan di MI Tahfidz Yaa Bunayya Mojokerto dengan didasarkan pada formula Slovin didapatkan sampel sebanyak 80 siswa (80%) dari populasi yang berjumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan kaidah random sampling dengan bantuan microsoft excel fungsi randbetween berdasarkan nomor identitas siswa. Variabel independent pada penelitian ini adalah lingkungan sekolah (X1), variabel dependent ialah hasil belajar tahfidz (Y) dan variabel control ialah motivasi belajar (X2). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Di samping itu, Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS 25 (Statictical Product and Social Sciences). Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar tahfidz, dengan koefisien korelasi sebesar 0.617 dan nilai signifikansi 0.000, yang berarti lebih kecil dari α = 0.05. Selain itu, pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar tahfidz lebih besar dibandingkan dengan motivasi belajar, yang tercermin dari koefisien regresi 0.738 untuk lingkungan sekolah dan -0.414 untuk motivasi belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar tahfidz, sedangkan motivasi belajar juga berkontribusi, meskipun pengaruhnya lebih kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Rinduan Zain, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah; motivasi belajar; hasil belajar tahfidz
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Sep 2025 15:41
Last Modified: 08 Sep 2025 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum