Thuba Abida, NIM.: 18104010051 (2025) PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MA’HAD ISLAMY BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MA’HAD ISLAMY BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
18104010051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MA’HAD ISLAMY BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
18104010051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong perlunya inovasi media pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan hasil observasi di MTs. Ma’had Islamy Banguntapan menunjukkan masih adanya siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran meskipun fasilitas sekolah sudah memadai, namun pemanfaatannya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media Quizizz Paper Mode dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Quizizz Paper Mode dipilih karena menghadirkan pembelajaran interaktif tanpa smartphone siswa, melalui penggunaan Q-Card yang dipindai guru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru Akidah Akhlak dan enam siswa kelas VIII B yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media Quizizz Paper Mode. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan media Quizizz Paper Mode berjalan efektif dan mampu meningkatkan antusiasme siswa. Pemanfaatan media Quizizz Paper Mode di MTs. Ma’had Islamy Banguntapan dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan, guru melakukan perencanaan pembelajaran, penyusunan soal, serta sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui pembagian kartu QR kepada siswa sesuai daftar presensi, menjelasan teknis penggunaan media Quizizz Paper Mode hingga seluruh siswa memahaminya, serta pendampingan guru dalam memandu jalannya kuis selama proses pembelajaran. 2) Faktor pendukung penerapan media ini adalah tersedianya sarana prasarana, kesiapan guru, dan motivasi siswa, sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan jaringan internet, adaptasi siswa terhadap media digital, serta waktu persiapan yang lebih panjang. Secara keseluruhan, Quizizz Paper Mode terbukti sebagai inovasi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan sekolah dan efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum. |
| Uncontrolled Keywords: | Quizizz Paper Mode, Media Pembelajaran, Pembelajaran Akidah Akhlak, |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 14:06 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 14:06 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72648 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
