Isma Akmalia Sabrina, NIM.: 19104020059 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS KODULAR DI SMP ISLAM AL AZHAR 38 WONOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS KODULAR DI SMP ISLAM AL AZHAR 38 WONOSARI)
19104020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS KODULAR DI SMP ISLAM AL AZHAR 38 WONOSARI)
19104020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Kodular yang di desain untuk mata pelajaran Bahasa Arab kelas VII materi assakanu SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari, (2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap kelayakan media. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. serta melibatkan ahli media, ahli materi dan siswa sebagai subjek uji coba. Uji coba produk dilakukan dalam satu tahap uji coba langsung kepada seluruh siswa sasaran yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan oleh ahli media dan ahli materi untuk menilai kelayakan media yaitu skala Likert 5, sedangkan instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan media melalui respon siswa dengan menggunakan skala Guttman yang terdiri dari dua aspek yaitu setuju dan tidak setuju. Hasil penelitian pengembangan ini berupa aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Kodular yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas VII SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari. Proses pengembangan mengikuti model ADDIE mulai dari analisis kurikulum, materi dan media; perancangan antarmuka dan konten; pembuatan aplikasi dengan Kodular; uji coba pada 24 siswa; hingga evaluasi melalui penilaian ahli dan respon siswa. Hasil skor penilaian kelayakan produk oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,65 (sangat layak) dengan persentase keidealan 98% (sangat baik), hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,25 (sangat layak) dengan persentase keidealan 85% (sangat baik), serta penilaian respon siswa mendapatkan skor rata-rata 0,972 (setuju) dengan persentase keidealan 97,22% (setuju).
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Sumber Belajar Mandiri, ADDIE |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 10:02 |
| Last Modified: | 10 Sep 2025 10:02 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72683 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
