Efektifitas Penerapan Metode Talking Stick dengan Media Power point Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri

SITI MA’RIFAH, NIM. 0868001 (2013) Efektifitas Penerapan Metode Talking Stick dengan Media Power point Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Efektifitas Penerapan Metode Talking Stick dengan Media Power point Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Efektifitas Penerapan Metode Talking Stick dengan Media Power point Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keefektifan penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia (2) keefektifan penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point terhadap peningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Ibnull Qoyyim Putri. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri yang terdiri dari 2 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan SPSS 16,0 for Windows. Uji t-test digunakan untuk menganalisis hasil belajar siswa dan uji Mann Whitney U untuk menganalisis data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri Berbah Sleman Yogyakarta pada pembelajaran IPA Biologi materi sistem pencernaan makanan pada manusia, dengan rata-rata nilai post test pada kelompok eksperimen sebesar 79,79 dan dengan nilai t hitung sebesar 2,939 ( > 2,315). (2) Penerapan metode Talking Stick dengan media Power Point efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putri Berbah Sleman Yogyakarta pada pembelajaran IPA Biologi materi sistem pencernaan makanan pada manusia, dengan nilai Uji Mann Whiteny U 149 (< 682,50) dan nilai (1 - p-value) sebesar 0,002 (< 0,05). Kata Kunci: Talking Stick, Power Point, hasil belajar, motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Apr 2013 21:34
Last Modified: 04 Mar 2016 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum