Amrina Rosyada, NIM.: 22204021030 (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEMI DIGITAL BERBASIS SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) TINGKAT MA KELAS XI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEMI DIGITAL BERBASIS SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) TINGKAT MA KELAS XI)
22204021030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEMI DIGITAL BERBASIS SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) TINGKAT MA KELAS XI)
22204021030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dari observasi peneliti, yaitu ketersediaan modul pembelajaran cetak dan buku teks yang terbatas, selain itu modul pembelajaran yang ada belum mengakomodir gaya belajar peserta didik. Permasalahan tersebut menyebabkan kesulitan belajar dan menghambat guru dalam proses mengajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk melngelmbangkan modul pembelajaran bahasa Arab kellas XI. Tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa Arab semi digital belrbasis SAVI tingkat MA kelas XI. 2) Untuk melngeltahui kellayakan modul pembelajaran bahasa Arab semi digital berbasis SAVI tingkat MA kelas XI. 3) Untuk melngeltahui elfelktivitas modul pembelajaran bahasa Arab semi digital belrbasis SAVI pada peserta didik kellas XI MAN 3 Slelman. Jenis penelitian ialah Relselrach and Delvellopmelnt (R&D) dengan Model ADDIE. Sumber data penelitian ini menggunakan desain Quasi-Eksperimen Non Equivalent Control (Pre test - post test) dengan teknik populasi – sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan skala likert pada validitas ahli materi dan ahli media. Uji efektivitas modul ini menggunakan uji independent sample t-test. Peneliti menggunakan bantuan SPSS 31.1 version untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini ialah menghasilkan: 1) Produk modul pembelajaran bahasa Arab semi digital berbasis SAVI kelas XI yang berisikan materi al-mufradat dilengkapi gambar, al- ḥiwār dilengkapi audio-visual, al-qirā’ah, al-qawāid, tadrībāt, papan permainan crossword, Sumatif Akhir Semester dan Sumatif Akhir Tahun. 2) Kelayakan modul pembelajaran dinilai dari Hasil Uji Validitas instrumen ahli media memiliki skor 81.67 % “Sangat Layak” dan ahli materi memiliki skor 69.17% “Layak. 3) Efektivitas modul pembelajaran bahasa Arab berbasis SAVI pada uji N-Gain Score terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan skor 71.20% dengan kategori “Cukup Efektif” pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Modul pembelajaran semi digital, Model SAVI, Tingkat MA kelas XI
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, S.Pd.I., M.S.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran semi digital, Model SAVI, Tingkat MA kelas XI |
| Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 10:42 |
| Last Modified: | 16 Sep 2025 10:42 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72926 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
