Agus Faqih Naufal, NIM.: 20102040040 (2025) STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK UMKM (STUDI KASUS PADA RADJA SINGKONG KEJU YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK UMKM (STUDI KASUS PADA RADJA SINGKONG KEJU YOGYAKARTA))
20102040040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
|
Text (STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PRODUK UMKM (STUDI KASUS PADA RADJA SINGKONG KEJU YOGYAKARTA))
20102040040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Di era digital Indonesia, lebih dari 200 juta orang merupakan pengguna internet aktif, yang secara signifikan mengubah perilaku konsumen terhadap interaksi dan belanja daring. Pergeseran ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Agar tetap kompetitif, UMKM harus mengadopsi strategi pemasaran digital, namun banyak yang kesulitan dalam pemanfaatan teknologi. Membangun kehadiran daring yang kuat melalui media sosial dan situs web informatif sangatlah penting. Konten yang menarik seperti foto, video, dan testimoni pelanggan berkualitas dapat meningkatkan kepercayaan dan daya tarik konsumen. Dengan berkembangnya lanskap pemasaran digital, UMKM seperti Radja Singkong Keju telah beradaptasi dengan memanfaatkan platform seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi tersebut, dan mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan serta hambatan dalam penerapan pemasaran digital. Alat seperti bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) sangat penting untuk mencapai tujuan pemasaran dan memenuhi kebutuhan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan upaya pemasaran digital Radja Singkong Keju, dengan mengungkap adanya peningkatan penjualan yang signifikan terkait dengan promosi media sosial. Namun, tantangan termasuk keterbatasan kreativitas konten dan pemahaman algoritma media sosial tetap ada. Temuan tersebut menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang kreatif dan sistematis, serta dengan mengoptimalkan kekuatan yang ada, Radja Singkong Keju dapat meningkatkan jangkauan pasar, interaksi konsumen, dan pertumbuhan penjualan, sehingga memastikan keunggulan kompetitif di pasar digital.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Early Maghfiroh Innayati, S.Ag. M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | UMKM, Strategi Pemasaran, Media Sosial |
| Subjects: | 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.802 Komunikasi - Pemasaran |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 15:13 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 15:13 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73518 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
