PENGARUH PENGUATAN PEMAHAMAN MATERI DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025

Fathonia Ayu Arifa, NIM.: 19104010064 (2025) PENGARUH PENGUATAN PEMAHAMAN MATERI DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUATAN PEMAHAMAN MATERI DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104010064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUATAN PEMAHAMAN MATERI DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104010064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran efektif sangat dipengaruhi strategi guru dalam menyampaikan materi. Pada mata pelajaran Fikih, siswa perlu memahami konsep ibadah yang cukup kompleks, namun hasil belajar masih rendah dan banyak yang belum mencapai KKM. Strategi Index Card Match dinilai mampu meningkatkan pemahaman melalui aktivitas mencocokkan kartu pertanyaan dan jawaban secara berpasangan. Meski banyak digunakan dalam penelitian tindakan kelas, bukti empiris melalui eksperimen masih terbatas. Karena itu, penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penguatan pemahaman materi dengan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe quasi experiment berupa nonequivalent control group design. Tenik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, sedangkan analisis data menggunakan uji independen sample t-test dan uji dependent sample t-test dengan bantuan SPSS 22. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Klaten yang berjumlah 216 siswa. Sampel yang diambil ialah kelas VIII A dan VIII F yang mana tiap kelas berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dari jumlah populasi subjek tersebut yakni dengan teknik purposive sampling, di mana hasil penilaian akhir semester ganjil rata-rata siswa pada kedua kelas tersebut hampir mendekati sama. Kemudian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dilakukan secara acak (random sampling). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan pemahaman materi dengan strategi Index Card Match berpengaruh positif terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Klaten. Pengaruh tersebut dilihat melalui hasil uji analisis data nilai pretest dan post test kelompok eksperimen yang menggunakan dependent sample t-test dengan nilai t(29) = - 8.495; p = 0.000 (p < 0.05), serta hasil uji independent sample t-test nilai equal variances assumed kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai t = 11.500/2.748 = 4.185, df = 58, p = 0.000(p < 0.05). Dari hasil kedua uji tersebut menunjukkan bahwa nilai sig. kurang dari 0.05 (p < 0.05). Dengan begitu hipotesis pada penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Sri Purnami, S. Psi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Index Card Match; pemahaman materi; hasil belajar; Fikih
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2025 15:42
Last Modified: 09 Oct 2025 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum