Delfiera Aisyafitri Maharani, NIM.: 21104070047 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS MNEMONIK AKROSTIK PADA SUBMATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS MNEMONIK AKROSTIK PADA SUBMATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA SMA/MA)
21104070047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS MNEMONIK AKROSTIK PADA SUBMATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA SMA/MA)
21104070047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa dalam memahami dan menghafal konsep serta istilah ilmiah pada submateri pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Pembelajaran yang masih konvensional dan kurangnya media inovatif menjadi salah satu penyebabnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media pembelajaran flashcard berbasis metode mnemonik akrostik, (2) mengetahui kelayakan media yang dikembangkan, dan (3) mengetahui respons siswa terhadap media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi hingga tahap Develop. Subjek penelitian terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, satu guru biologi, serta 15 siswa kelas XI SMA/MA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respons siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berupa flashcard berbasis mnemonik akrostik. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan. Persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 97%, ahli media 97%, dan guru biologi 97%. Media ini juga mendapatkan respons sangat baik dari siswa dengan persentase sebesar 92%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard berbasis mnemonik akrostik sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran biologi pada submateri pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk membantu meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Mike Dewi Kurniasih, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; flashcard; mnemonik akrostik |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 10:46 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 10:46 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73644 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
