ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 MI ASSUNIYAH 1 MULYASARI

Mariyatul Qibtiyah, NIM.: 21104080009 (2025) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 MI ASSUNIYAH 1 MULYASARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 MI ASSUNIYAH 1 MULYASARI)
21104080009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 MI ASSUNIYAH 1 MULYASARI)
21104080009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2025. Keterampilan membaca merupakan kemampuan dasar yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar, karena menjadi fondasi utama dalam memahami berbagai mata pelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca bahasa Indonesia pada siswa kelas 2 MI Assuniyah 1 Mulyasari serta mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Namun, masih ditemukan beberapa siswa yang mengalami hambatan dalam membaca, seperti kesalahan pengucapan, lambat dalam membaca, hingga kurangnya ekspresi saat membaca. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdari dari tiga siswa kelas 2 yang menunjukkan kesulitan membaca. Data dianalisis berdasarkan tiga indikator utama yaitu akurasi, kecepatan, dan ekspresi membaca. Selain itu, faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan membaca juga dianalisis, meliputi faktor intelektual, lingkungan, sosial emosional, serta faktor fisik dan perkembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga siswa mengalami kesulitan dalam ketiga indikator tersebut, dengan berbagai tingkat permasalahan. Misalnya, siswa belum mengenali huruf dengan baik, membaca sangat lambat, dan kurangnya menunjukkan intonasi saat membaca. Faktor-faktor penyebabnya antara lain rendahnya kemampuan fonologis, kurangnya kebiasaan membaca di rumah, minimnya motivasi belajar, dan hambatan dari segi perkembangan fisik seperti keterlambatan motorik halus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.5 Masalah/Problematika Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Nov 2025 14:21
Last Modified: 05 Nov 2025 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum