HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MIN 1 BANTUL

Aminandra Muhammad, NIM.: 21104080065 (2025) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MIN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MIN 1 BANTUL)
21104080065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV MIN 1 BANTUL)
21104080065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran, siswa cenderung kurang aktif berpartisipasi, sulit berkonsentrasi, serta lebih sering berbicara atau melakukan aktivitas di luar materi. Kondisi ini juga terlihat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga nilai- nilai moral dan kebangsaan seperti kerja sama, keadilan, dan tanggung jawab kurang tersampaikan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkan minat serta keterlibatan siswa.. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Adapun teknik yang digunakan yakni teknik Purposive Sampling metode Non Random Sampling dengan responden dalam penelitian berjumlah 52 orang yaitu siswa kelas IV MIN 1 Bantul dan dalam penelitian itu melakukan sekali pengambilan data untuk analisis lenih lanjut. Hasil penelitian yang didapat yakni menunjukkan, penggunaan media pembelajaran audio visual terbukti memiliki hubungan yang positif, signifikan dengan minat belajar siswa, sehingga semakin tinggi intensitas penggunaannya, semakin tinggi pula minat belajar siswa. Media pembelajaran audio visual juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan kontribusi sebesar 72,5%, yang termasuk kategori kuat sedangkan sisanya 27,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Andhika Yahya Putra, M.Or.
Uncontrolled Keywords: media audio visual; minat belajar; Pendidikan Pancasila
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Nov 2025 10:02
Last Modified: 04 Nov 2025 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74129

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum