Elfinna Rachmadhani, NIM.: 21104080079 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CROSSWORD PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CROSSWORD PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA KELAS IV SD/MI)
21104080079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CROSSWORD PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA KELAS IV SD/MI)
21104080079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bahan ajar yang dapat digunakan guru sebagai panduan belajar untuk peserta didik dalam proses pembelajaran secara mandiri maupun berkelompok. Penyampaian pembelajaran yang dilakukan secara monoton kurang efektif dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukannya bahan ajar berupa LKPD yang menarik, nyata, serta kontekstual. Tujuan dari penelitian ini untuk: mengembangkan LKPD berbasis crossword pada materi peninggalan sejarah, mengetahui kelayakan LKPD, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap penggunaanya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, development, and dissemination. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Produk yang telah dibuat divalidasi oleh ahli dan praktisi dengan menggunakan skala Likert 1-4. Adapun uji respon calon pengguna menggunakan skala Gutman dengan jumlah responden 24 peserta didik kelas IV SD N Keputran 1 Yogyakarta. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan 1) LKPD berbasis crossword terdiri dari komponen yang dibuat menggunakan cartoon hvs untuk cover, isi menggunakan kertas hvs A4 dan dicetak dalam bentuk hard file yang dilengkapi dengan gambar nyata dan berwarna dari peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. 2) Hasil penilaian dari validator yaitu pada ahli media memproleh skor rata-rata 4,7 yang tergolong sangat baik, dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,5 yang tergolong cukup, dan dari ahli bahasa memperoleh 4,6 yang tergolong baik dan praktisi memperoleh skor rata-rata 3,83, sehingga termasuk dalam kategori baik. 3) Respon peserta didik menunjukkan tanggapan positif dengan presentase jawaban “Ya” adalah 92,5%.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dra. Asnafiyah, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | LKPD; Crossword; peninggalan sejarah |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 10:10 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 10:10 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74132 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
