Budi Pratama, NIM.: 23204022039 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DIGITAL BERBASIS APLIKASI DALAM MATA KULIAH BAHASA ARAB MI PADA MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2024/2025. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DIGITAL BERBASIS APLIKASI DALAM MATA KULIAH BAHASA ARAB MI PADA MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2024/2025)
23204022039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DIGITAL BERBASIS APLIKASI DALAM MATA KULIAH BAHASA ARAB MI PADA MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2024/2025)
23204022039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran pada mata kuliah bahasa Arab MI untuk mahasiswa PGMI hanya terbatas pada penggunaan buku paket, hal ini mendorong perlunya pengembangan media pembelajaran yang lebih praktis dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan mengevaluasi efektivitas dari media flashcard digital berbasis aplikasi dalam mata kuliah bahasa Arab MI untuk mahasiswa PGMI. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Research and Devolopment (R&D) dengan model pendekatan pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Validasi kelayakan materi dan desain flashcard digital dilakukan oleh dua validator yang terdiri dari satu ahli materi pembelajaran dan satu ahli desain media pembelajaran. Sedangkan pengujian efektivitas media flashcard digital dilakukan melalui teknik kuasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest dan posttest control group. Populasi penelitian mahasiswa PGMI kelas A, B dan C Semester II. Sedangkan sampel penelitian ini mahasiswa PGMI kelas B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media flashcard digital berbasis aplikasi dan mahasiswa PGMI kelas A sebagai kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media flashcard digital berbasis aplikasi memperoleh skor rata-rata kelayakan sebesar 3,65 dan 3,8 untuk kelayakan isi materi dan 3,75 dan 3,86 untuk kelayak desain flashcard digital berbasis aplikasi yang masuk kategori sangat layak. Hasil uji independent t-test dengan hasil nilai sign 0,003 dan 0,007 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan dari hasil uji N-Gain Score untuk kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 59,3297 atau 59% masuk kategori cukup efektif, sementara untuk kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 17,2424 atau 17% masuk kategori tidak efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard digital berbasis aplikasi di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media konvensional di kelas kontol.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Flashcard Digital, Bahasa Arab |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 11:01 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 11:01 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74448 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
