Amanda Syakila Salsabil, NIM.: 21104020054 (2025) AL JUHUD LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH MIN KHILAL ANASHATAH AL BIY'AH AL LUGHAWIYYAH LI TALABAH QISM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (AL JUHUD LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH MIN KHILAL ANASHATAH AL BIY'AH AL LUGHAWIYYAH LI TALABAH QISM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024)
21104020054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (AL JUHUD LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM BI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH MIN KHILAL ANASHATAH AL BIY'AH AL LUGHAWIYYAH LI TALABAH QISM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024)
21104020054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan kegiatan bi’ah lughawiyah dalam Upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa Pendidikan bahasa Arab angkatan 2024, dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas kegiatan bi’ah lughawiyah dalam mendukung peningkatan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2024 yang menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel diambil dari masing-masing kelas sebagai perwakilan agar data yang diperoleh mencerminkan keberagaman karakteristik dari seluruh populasi secara proporsional. Pemilihan sampel dilakukan secara acak namun tetap mempertimbangkan keterwakilan dari setiap kelas. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara setelah mengikuti kegiatan bi’ah lughawiyah, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 68,60 dan posttest meningkat menjadi 87,37. Uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item instrumen dinyatakan valid, dan uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha yang tinggi, yaitu 0,613 (pre-test) dan 0,888 (post-test), sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, sehingga dilakukan uji paired sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah kegiatan. Temuan ini mendukung teori pemerolehan bahasa kedua oleh Krashen serta pendapat Sakholid Nasution mengenai pentingnya lingkungan bahasa yang aktif dan kontekstual. Data wawancara juga menunjukkan bahwa mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam berbicara karena terbiasa berlatih melalui kegiatan ini. Dengan demikian, bi’ah lughawiyah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. Dudung Hamdun, M. Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Bi’ah Lughawiyah, Maharah Kalam, Pendidikan Bahasa Arab |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 08:37 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 08:37 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74480 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
