METODE ADIKSIMBA PADA LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA

Siti Nuris Sa’adah, NIM.: 20104080038 (2025) METODE ADIKSIMBA PADA LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE ADIKSIMBA PADA LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA)
20104080038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (METODE ADIKSIMBA PADA LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA)
20104080038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahn yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kemampuan literasi baca tulis peserta didik di kelas IVA SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta, (2) bagaimana hasil implementasi literasi baca tulis menggunakan metode Adiksimba pada peserta didik di kelas IVA SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Tujuan dari penelitian yang telah dilaksanakan yaitu (1) untuk memaparkan hasil kemampuan literasi baca tulis peserta didik di kelas IVA SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta, (2) untuk mendeskripsikan hasil pengimplementasian literasi baca tulis menggunakan metode Adiksimba pada peserta didik di kelas IVA SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuallitatif deskriptif dengan melakukan observasi langsung kelapangan. Data yang diperoleh didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas, dan siswa kelas IVA SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Kemampuan literasi baca tulis peserta didik di kelas IVA SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta sudah cukup baik yang dapat dilihat dari hasil asesmen diagnostik kognitif yang menunjukkan bahwa nilai didapatkan peserta didik sudah cukup baik namun, masih terdapat peserta didik yang belum tuntas. Selain itu, terdapat kegiatan literasi yang dilakukan secara rutin setiap minggu. Kegiatan tersebut mampu mewadahi peserta didik untuk menumbuhkan dan mengembangkan literasi, terutama literasi baca tulis. Kemudian, hasil implementasi literasi baca tulis menggunakan metode Adiksimba pada peserta didik di kelas IVA SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta sudah baik, hanya saja terdapat beberapa siswa yang masih perlu dibimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Adiksimba, Literasi, Baca Tulis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Dec 2025 15:27
Last Modified: 10 Dec 2025 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74559

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum