EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NARATIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Agni Bintan Nursania, NIM.: 21104080081 (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NARATIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NARATIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR)
21104080081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NARATIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR)
21104080081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pe$ne$litian ini dilatarbe$lakangi ole$h beberapa faktor diantaranya re$ndahnya motivasi be$lajar siswa dalam pe$mbe$lajaran bahasa Indone$sia, serta kurangnya variasi me$tode$ pe$mbe$lajaran yang me$libatkan partisipasi aktif siswa. Ole$h kare$na itu, pe$ne$litian ini be$rtujuan untuk me$nge$tahui e$fe$ktivitas me$tode$ role$ playing (be$rmain pe$ran) dalam me$ningkatkan motivasi be$lajar siswa ke$las III Se$kolah Dasar pada pe$mbe$lajaran te$ks naratif. Me$tode$ pe$ne$litian yang digunakan adalah me$tode$ kuantitatif de$ngan de$sain pre$-e$xpe$rime$ntal be$rbe$ntuk one$ group pre$te$st-postte$st de$sign. Subje$k pe$ne$litian ini adalah 25 orang siswa ke$las III SD, yang dipilih se$cara ke$se$luruhan. Te$knik pe$ngumpulan data dilakukan me$lalui pre$te$st dan postte$st, angke$t motivasi be$lajar, obse$rvasi, dan wawancara. Data dianalisis se$cara kuantitatif de$ngan me$mbandingkan hasil pre$te$st dan postte$st, se$rta didukung ole$h data kualitatif dari obse$rvasi dan wawancara. Hasil pe$ne$litian me$nunjukkan bahwa te$rjadi pe$ningkatan motivasi be$lajar siswa se$be$sar 10,24% se$te$lah dite$rapkan nya me$tode$ role$ playing. Pe$ningkatan ini te$rlihat dari pe$rubahan sikap siswa yang me$njadi le$bih aktif, antusias, dan pe$rcaya diri saat me$ngikuti pe$mbe$lajaran te$ks naratif. Se$lain itu, angke$t dan obse$rvasi me$nunjukkan adanya re$spons positif dari siswa te$rhadap me$tode$ yang digunakan. De$ngan de$mikian, dapat disimpulkan bahwa me$tode$ role$ playing e$fe$ktif digunakan se$bagai strate$gi pe$mbe$lajaran untuk me$ningkatkan motivasi be$lajar siswa, khususnya dalam pe$mbe$lajaran Bahasa Indone$sia pada mate$ri te$ks naratif. Me$tode$ ini juga dapat me$mbe$rikan pe$ngalaman be$lajar yang le$bih me$nye$nangkan, be$rmakna, dan konte$kstual bagi siswa se$kolah dasar. Kata kunci: role$ playing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nisa Syuhda, S.S., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: role$ playing, motivasi be$lajar, te$ks
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 16 Dec 2025 14:00
Last Modified: 16 Dec 2025 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum