PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I

SELAMET FAUZI, NIM. 07690006 (2012) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan buku ajar berbasis integrasiinterkoneksi sebagai bahan pembelajaran fisika SMA/MA kelas XI semester I. Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan buku ajar berbasis integrasiinterkoneksi pada materi fisika SMA/MA kelas XI semester I dan (2) mengetahui kualitas buku ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pada penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data kualitas buku ajar diperoleh dari 8 reviewer, yaitu: 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 peer reviewer, dan 2 guru SMA/MA. Selain dari 8 reviewer, data kualitas buku ajar juga didapatkan dari dua kali uji coba kepada siswa, yaitu: uji terbatas dan uji lapangan. Uji terbatas dilakukan pada 7 siswa dan uji lapangan dilakukan pada 22 siswa. Hasil penelitian ini berupa buku ajar berbasis integrasi-interkoneksi sebagai bahan pembelajaran fisika SMA/MA kelas XI semester I. Kualitas buku ajar ini berdasarkan penilaian ahli materi memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase 78,7% dari skor tertinggi ideal 75, berdasarkan penilaian ahli media memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase 82,7% dari skor tertinggi ideal 55, berdasarkan penilaian guru SMA/MA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase sebesar 84,5% dari skor tertinggi ideal 110, berdasarkan penilaian peer reviewer memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase sebesar 82,7% dari skor tertinggi ideal 110, berdasarkan penilaian Uji Terbatas memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase sebesar 87,3% dari skor tertinggi ideal 85, dan berdasarkan penilaian Uji Lapangan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase sebesar 84,2% dari skor tertinggi ideal 85. Kata Kunci: buku ajar, integrasi-interkoneksi, penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jun 2013 20:19
Last Modified: 02 Feb 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum