HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI PEMBINAAN KEAGAMAAN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN LAB. UIN YOGYAKARTA

AISYAH KHUMAIRO, NIM. 09220025 (2013) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI PEMBINAAN KEAGAMAAN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN LAB. UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI PEMBINAAN KEAGAMAAN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN LAB. UIN YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGIKUTI PEMBINAAN KEAGAMAAN DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN LAB. UIN YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AISYAH KHUMAIRO, Hubungan antara Intensitas Mengikuti Pembinaan Keagamaan di Sekolah dengan Kedisiplinan Siswa MAN Lab. UIN Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan positif yang signifikan antara intensitas mengikuti pembinaan keagamaan di sekolah dengan kedisiplinan siswa MAN Lab. Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Variabel intensitas mengikuti pembinaan keagamaan menggunakan skala model likert berdasarkan aspek-aspek dari teori Glock dan stark, yaitu frekuensi kehadiran siswa, minat siswa, pemahaman makna dan keseriusan. Sedangkan dari variabel kedisiplinan siswa didasarkan pada Hurlock, yaitu peraturan, hukuman, penghargaan dan konsistensi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan populasi kelas X dan XI MAN Lab. UIN Yogyakarta, Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified cluster random sampling dengan jumlah sampel dari kelas X B, XI IPA 2 dan XI IPS 1. Instrumen penelitian ini adalah intensitas mengikuti pembinaan keagamaaan di sekolah dan kedisiplinan siswa. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien spearman rank menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0.624 dengan nilai koefisien signifikasi sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas mengikuti pembinaan keagamaan di sekolah dengan kedisiplinan siswa dengan taraf hubungan yang kuat. Hal ini terbukti juga dengan hasil observasi penulis yaitu banyaknya siswa yang aktif mengikuti pembinaan keagamaan di sekolah dan siswa yang melanggar tata tertib itu sangat sedikit sekali. Kata kunci: Pembinaan Keagamaan dan Kedisiplinan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2013 16:30
Last Modified: 30 Oct 2015 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum