PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Analitik Peran Perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa)

TRI RUSSLIYADI, NIM. 09480128 (2013) PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Analitik Peran Perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Analitik Peran Perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Analitik Peran Perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

TRI RUSSLIYADI. PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Analitik Peran Perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam Menimgkatkan Prestasi Belajar Siswa). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai masih banyaknya lembaga pendidikan di Indonesia khususnya tingkat dasar yang belum memiliki perpustakaan. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian peran dari perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengambil tempat penelitian di Perpustakaan MIN Yogyakarta II. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peran perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa MIN Yogyakarta II; (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat layanan perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisa data menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran perpustakaan MIN Yogyakarta II dalam meningkatkan prestasi belajar siswa diantaranya: (a) Perpustakaan sebagai tempat belajar siswa ketika jam pembelajaran Bahasa Indonesia, diskusi mengerjakan tugas, mengisi waktu luang dan untuk menciptakan suasana tempat belajar baru. (b) Perpustakaan sebagai sumber informasi bagi guru dan siswa dilakukan dengan cara: penyediaan sumber belajar dan layanan peminjaman bahan koleksi pustaka. (c) Sebagai media kerja sama guru dan pustakawan meliputi: guru sebagai koordinator peminjaman buku paket, pustakawan sebagai partner guru ketika belajar di ruang perpustakaan. (d) Sebagai media pembinaan minat baca siswa, dilakukan dengan cara mengadakan lomba membuat sinopsis buku, membuat puisi dan mengarang cerita. (2) Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dirasakan ada peningkatan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang setiap minggunya ada jam kunjung wajib belajar di perpustakaan. Peningkatan prestasi belajar juga dirasakan oleh siswa yang aktif menafaatkan perpustakaan. Selain itu peningkatan prestasi belajar juga terjadi pada mata pelajaran lainnya dibuktikan dengan nilai rata-rata tiap mata pelajaran per-kelasnya sudah mencapai nilai KKM sebesar 7,5 kecuali Bahasa Jawa nilai KKMnya sebesar 7,0. (3) Faktor pendukung meliputi ruang perpustakaan yang kondusif, bahan koleksi perpustakaan berupa buku pelajaran cukup lengkap, pustakawan berlatar belakang pendidikan D3 ilmu perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya minat siswa untuk berkunjung ke perpustakaan, ruang perpustakaan yang kurang luas, barcode dan software untuk peminjaman buku tidak sinkron, belum adanya cd pembelajaran mata pelajaran islami, jumlah pustakawan yang masih kurang dari jumlah idealnya yang seharusnya berjumlah 2 pustakawan. Kata Kunci: Perpustakaan, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jun 2013 16:57
Last Modified: 31 Jan 2017 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum