PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA PROFESSIONAL PUBLISHING SUITE MATERI CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS IV SEMESTER II DI SD/MI

ALFIAN EKO ROCHMAWAN, NIM. 09480084 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA PROFESSIONAL PUBLISHING SUITE MATERI CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS IV SEMESTER II DI SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA PROFESSIONAL PUBLISHING SUITE MATERI CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS IV SEMESTER II DI SD/MI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA PROFESSIONAL PUBLISHING SUITE MATERI CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS IV SEMESTER II DI SD/MI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis lectora professional publishing suite materi cara pencegahan kerusakan lingkungan kelas IV semester II di SD/MI yang memenuhi persyaratan media pembelajaran yang baik, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA berbasis lectora professional publishing suite materi cara pencegahan kerusakan lingkungan kelas IV semester II di SD/MI yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Reiser dan Mollenda yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengembangan media pembelajaran IPA ini diujikan kepada reviewer (ahli media, ahli materi), dan peer reviewer. Instrumen penilaian media pembelajaran IPA berupa angket yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh reviewer (ahli media dan ahli materi), peer reviewer, guru dan direspon siswa MIN Tempel Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan meliputi 2 aspek penilaian dengan 8 kriteria penilaian untuk ahli media. 6 aspek penilaian dengan 20 kriteria penilaian untuk ahli materi, 6 aspek penilaian dengan 22 kriteria penilaian untuk peer reviewer, 9 aspek penilaian dengan 28 kriteria penilaian untuk guru IPA dan 6 aspek penilaian dengan 18 kriteria penilaian untuk respon siswa. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran IPA. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis lectora professional publishing suite yang telah dibuat berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 85 dan persentase keidealan 87,5%. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 92 dan persentase keidealan 92%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah sangat baik (SB) dengan skor 105,5 dan persentase keidealan sebesar 95,5%. Berdasarkan penilaian guru adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 122 dan persentase keidealan 87,14%. Sedangkan berdasarkan respon 10 siswa kelas IV MIN Tempel memperoleh skor 17,4 dan persentase keidealan sebesar 96,67 %. Sehingga layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA di SD/MI. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, media pembelajaran, lectora professional publishing suite

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 21:52
Last Modified: 24 Jan 2017 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum