EFEKTIVITAS TEKNIK DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs N Yogyakarta II Tahun Ajaran 2012/ 2013 )

MOCHAMAD NUR SHOLIKIN, NIM. 08420137 (2013) EFEKTIVITAS TEKNIK DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs N Yogyakarta II Tahun Ajaran 2012/ 2013 ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS TEKNIK DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs N Yogyakarta II Tahun Ajaran 2012/ 2013 ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS TEKNIK DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs N Yogyakarta II Tahun Ajaran 2012/ 2013 ))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menurut Ahmad Fuad Efendy, pada dasarnya pelajaran bahasa lebih menghajatkan pada pembiasaan dan latihan bagi terampilnya siswa dalam mendengar (istimâ´), membaca (qirâ’ah), menulis (kitâbah) ataupun mengucapkan (kalâm), hal demikian yang berlaku pada pembelajaran bahasa. Dan untuk mengatasinya diperlukan berbagai upaya didalam proses belajar mengajar, sehingga guru harus memiliki strategi atau teknik agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien serta mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu teknik atau strategi pembelajaran yang diperkirakan efektif untuk meningkatkan kemampuan itu khususnya menyimak adalah teknik latihan (drill). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada dan tidak perbedaan hasil belajar menyimak antara siswa kelas VIII MTsN Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan teknik drill dengan yang diajar tanpa teknik drill, (2) mengetahui efektivitas teknik drill dibanding teknik konvensional dalam meningkatkan kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsN Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel yang mewakili seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 230 siswa diambil melalui teknik Cluster Samples. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan dari 30 butir soal tes seluruhnya terbukti valid dan reliabilitas dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,880. Sebelum data dianalisis, data harus diuji dengan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Uji Analisis Varian (ANOVA) untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya data diuji dengan Uji Tes “t” dengan Sampel Berpasangan (PairedSample T test) dan dengan Uji Beda Rata-Rata ( Independent T test) untuk mengetahui signifikansi Pre-Test dan Post-Test kelas kontrol dan kelas eksperimen serta untuk mengetahui efek atau pengaruh teknik drill dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VIII MTsN Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa P > 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga H diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab 0 khususnya menyimak (istimâ´) dengan teknik drill tidak lebih baik dari teknik yang lainnya dalam membantu peningkatan kemampuan menyimak siswa kelas VIII MTsN Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013 dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara menyimak dengan teknik drill dengan menyimak tanpa teknik drill.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 17:19
Last Modified: 27 Apr 2017 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum