STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR TAHFIẒ JUZ ‘AMMA DENGAN QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MIN PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA

NASIROH, NIM. 09480008 (2013) STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR TAHFIẒ JUZ ‘AMMA DENGAN QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MIN PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR TAHFIẒ JUZ ‘AMMA DENGAN QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MIN PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR TAHFIẒ JUZ ‘AMMA DENGAN QUR’AN HADIS SISWA KELAS III MIN PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat prestasi belajar mata pelajaran Tahfiẓ Juz ‘Amma siswa kelas III MIN Pajangan Bantul, 2) tingkat prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadis kelas III MIN Pajangan Bantul, dan 3) apakah terdapat korelasi positif yang signifikan antara kedua variabel (prestasi belajar Tahfiẓ Juz ‘Amma dan prestasi belajar Qur’an Hadis). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas III, yakni kelas IIIA dan kelas IIIB yang totalnya berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan teknik korelasional bivariant product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata mata pelajaran Tahfiẓ Juz ‘Amma yang didapatkan siswa kelas III MIN Pajangan pada ujian akhir semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 adalah 8,3, nilai tersebut dalam kelompok 71 – 85 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran tersebut adalah Baik, 2) nilai rata-rata mata pelajaran Qur’an Hadis yang didapatkan siswa kelas III MIN Pajangan pada ujian akhir semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 adalah 7,2, nilai tersebut dalam kelompok 71 – 85 yang juga menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran tersebut adalah Baik, 3) dari hasil perhitungan menggunakan analisis korelasi “r” product moment didapatkan: viii =0,274, df=27, 5%=0,367, dan 1%=0,470. Angka tersebut setelah diinterpretasi secara sederhana angka indeks korelasi “r” product moment memilki korelasiyang positif atau searah. Kemudian angka indeks korelasi “r” product moment tersebut dikonsultasikan dengan tabel “r” product moment disimpulkan 5% dan 1%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H a di tolak dan H diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa korelasi positif antara prestasi belajar Tahfiẓ Juz ‘Amma dengan Qur’an Hadis kelas III MIN Pajangan Bantul Yogyakarta yang ada tidaklah signifikan. Kata kunci: Studi Korelasi, Prestasi Belajar, Tahfiẓ Juz ‘Amma , Qur’an Hadis, MIN Pajangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:04
Last Modified: 30 Jan 2017 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum