PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK IPA TERPADU SMP/MTS KELAS VII SEMESTER I

SITI NURJANAH, NIM. 08690028 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK IPA TERPADU SMP/MTS KELAS VII SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK IPA TERPADU SMP/MTS KELAS VII SEMESTER I )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK IPA TERPADU SMP/MTS KELAS VII SEMESTER I )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kriteria kevalidan instrumen penilaian psikomotorik , 2) Mengetahui kualitas instrumen penilaian psikomotorik menurut ahli evaluasi, 3) Mengetahui respon guru IPA terhadap instrumen penilaian psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov yakni melibatkan 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi , 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, 5) uji coba lapangan skala besar dan revisi. Subjek Penelitian pada uji coba lapangan skala kecil dilakukan terhadap 3 guru IPA SMP/MTs dan uji coba lapangan skala besar oleh 9 guru IPA SMP/MTs. Pengumpulan data menggunakan angket yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Instrumen penelitian berupa angket kualitas ahli dan respon guru terhadap instrumen penilaian psikomotorik yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Instrumen penilaian psikomotorik valid secara konstruk dan isi ditinjau dari aspek bahasa, aspek materi, aspek konstruksi, aspek objektivitas, dan aspek evaluasi. 2) Kualitas instrumen penilaian psikomotorik menurut ahli evaluasi termasuk kategori Sangat Baik dengan persentase keidealan 87,78%. 3) Respon Guru IPA Terhadap Instrumen Penilaian Psikomotorik pada uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar adalah Sangat Setuju (SS) dengan persentase masing-masing 82,63 % dan 79,28 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotorik siap digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata kunci: Instrumen Penilaian, IPA Terpadu, Psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2013 17:00
Last Modified: 05 Feb 2016 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum