PENGARUH PENDIDIKAN PEMUSTAKA TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS X DAN XI DALAM AKSES TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL

DEDEK RAMAYANA, NIM. 10130037 (2013) PENGARUH PENDIDIKAN PEMUSTAKA TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS X DAN XI DALAM AKSES TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN PEMUSTAKA TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS X DAN XI DALAM AKSES TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN PEMUSTAKA TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS X DAN XI DALAM AKSES TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Di setiap sekolah, kegiatan belajar didukung oleh fasilitas dan bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan untuk dapat memberikan informasi dan pengalaman ganda yaitu tercapainya tujuan pengajaran dan kemampuan siswa dalam menemukan informasi yang dibutuhkannya secara cepat dan tepat. Sebagai sumber informasi, perpustakaan melakukan berbagai upaya agar dapat memberikan informasi kepada pemustaka yang membutuhkan. Program kegiatan pendidikan pemustaka misalnya, dalam kegiatan ini perpustakaan mengajarkan teknik-teknik dan cara penelusuran informasi secara efektif dan efisien. Namun permasalahannya ternyata tidak semua siswa mengikuti pendidikan pemustaka. Karena hanya dilaksanakan pada tahun ajaran baru, jadi masih banyak siswa yang belum tahu atau bahkan tidak mempunyai pengetahuan dasar teknik mengakses temu kembali informasi untuk dapat menemukan informasi yang dibutuhkannya secara efektif dan efisien, dan ditambah lagi dengan perilaku setiap siswa (pemustaka) yang berbeda-beda. Menghadapi masalah tersebut, selesai menyelenggarakan kegiatan pendidikan pemustaka perpustakaan melakukan evaluasi kegiatan agar dapat mengetahui pengaruhnya terhadap perilaku siswa ketika mengakses pelayanan perpustakaan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk melaporkan mengenai pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku siswa kelas x dan xi dalam akses temu kembali informasi. Dalam laporan ini, teori yang digunakan adalah bermacammacam, meliputi tujuan, metode dan materi pendidikan pemustaka, serta teori tentang perilaku dan teknik penelusuran atau akses temu kembali informasi. Dengan teori ini penulis dapat mengetahui sejauh mana pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku siswa kelas x dan xi dalam akses temu kembali informasi dan teknik penelusuran apa saja yang digunakan. Hasil laporan ini dilakukan di Perpustakaan MAN Wonosari Gunungkidul, dengan menggunakan metode observasi dan wawancara kepada pustakawan, dan perwakilan siswa kelas x dan xi yang berjumlah 20 orang, dapat penulis ketahui bahwa pendidikan pemustaka sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa dalam akses temu kembali informasi, dan teknik penelusuran yang digunakan juga masih manual yaitu menggunakan daftar klasifikasi koleksi dan juga OPAC (Online Publik Access Catalogue). Oleh karena itu, disarankan agar Perpustakaan MAN Wonosari Gunungkidul melaksanakan kegiatan pendidikan pemustaka secara continue dan berkesinambungan. Dengan begitu pemustaka dapat memanfaatkan pelayanan perpustakaan secara maksimal. Keyword: Pendidikan pemustaka, Pengaruh pendidikan pemustaka, Akses temu kembali informasi, Perilaku Temu Kembali Informasi.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Jul 2013 16:21
Last Modified: 06 Oct 2015 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum