HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN MINAT STUDI LANJUT (STUDI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013)

NUR RIAS FITRIANI, NIM. 09670031 (2013) HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN MINAT STUDI LANJUT (STUDI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN MINAT STUDI LANJUT (STUDI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA KELAS XI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN MINAT STUDI LANJUT (STUDI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA KELAS XI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian “Hubungan Keikutsertaan Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar Kimia dengan Prestasi Belajar Kimia dan Minat Studi Lanjut” bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara keikutsertaan siswa mengikuti bimbingan belajar kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, (2) mengetahui hubungan antara prestasi belajar kimia dengan minat studi lanjut ke Perguruan Tinggi jurusan yang berkait dengan materi kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, dan (3) mengetahui hubungan antara keikutsertaan siswa mengikuti bimbingan belajar kimia dengan minat studi lanjut ke Perguruan Tinggi jurusan yang berkait dengan kimia melalui prestasi belajar kimia sebagai variabel intervening siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yaitu korelasional menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan skala. Uji coba instrumen dilakukan pada 31 responden. Uji validitas instrumen menggunakan Product moment dari Pearson sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS Versi 16.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi dari Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif yang signifikan antara keikutsertaan bimbingan belajar kimia dengan prestasi belajar kimia ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rho sebesar 0,306 dengan p = 0,017 (p < 0,05), (2) ada hubungan negatif yang signifikan antara keikutsertaan prestasi belajar kimia dengan minat studi lanjut ke Perguruan Tinggi jurusan yang berkait dengan kimia ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rho xy = -0,29 dan p = 0,025, (3) ada hubungan negatif yang signifikan antara keikutsertaan bimbingan belajar kimia dengan minat studi lanjut ke Perguruan Tinggi jurusan yang berkait dengan kimia melalui prestasi belajar kimia sebagai variabel intervening ditunjukkan dengan Koefisien korelasi Rho = -0,29 dan p = 0,025. xy xy Kata kunci: penelitian korelasional, bimbingan belajar kimia, prestasi belajar kimia, minat studi lanjut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Jul 2013 16:04
Last Modified: 22 Feb 2016 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum