KORELASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SEMBEGO DEPOK SLEMAN

MUHAYAT FAIZ FADLOLI, NIM. 09480072 (2013) KORELASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SEMBEGO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SEMBEGO DEPOK SLEMAN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SEMBEGO DEPOK SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhayat Faiz Fadloli, “Korelasi Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Perilaku Siswa Kelas V MI Ma’arif Sembego Depok Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Ma’arif Sembego Depok Sleman, untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara pembelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku siswa kelas V MI Ma’arif Sembego Depok Sleman, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Ma’arif Sembego Depok Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang terdiri dari siswa kelas VA sebanyak 30 siswa dan kelas VB sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data dan menguji hipotesis menggunakan persamaan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Ma’arif Sembego Depok Sleman cukup baik dengan rata-rata 32,4 atau sebesar 74,3 %, Terdapat korelasi yang sedang atau cukup signifikan antara pembelajaran Akidah Akhlak dengan nilai-nilai moral siswa karena nilai dari pearson correlation sebesar 0,572. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat korelasi yang sedang atau cukup positif signifikan antara pembelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sembego Depok Sleman. Dengan demikian dapat dikatakan semakin meningkat pembelajaran Akidah Akhlak maka semakin meningkat juga perilaku siswa. Begitu juga sebaliknya semakin menurun pembelajaran Akidah Akhlak maka semakin menurun juga perilaku siswa tersebut, faktor penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran Akidah Akhlak antara lain: karakter siswa dan latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda, faktor pendorong dalam pembelajaran Akidah Akhlak antara lain: adanya sarana ibadah dan lingkungan sekolah berada di sekitar pesantren, usaha-usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut antara lain: guru selalu memberikan suri tauladan yang baik kepada siswa dan mengadakan pertemuan dengan wali murid dalam acara pengajian bersama anak-anak santri. Kata Kunci : Korelasi, pembelajaran Akidah Akhlak, perilaku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2013 08:50
Last Modified: 14 Feb 2017 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum