UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MAN SABDODADI BANTUL

RONI ROSMAWAN, NIM. 09420036 (2013) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MAN SABDODADI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MAN SABDODADI BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MAN SABDODADI BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RONI ROSMAWAN, Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menerjemahkan Bahasa Arab Siswa Kelas XI di MAN Sabdodadi Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca dan menerjemahkan bahasa Arab siswa kelas XI di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi penelitian yang berkenaan dengan kesulitan membaca dan menerjemahkan bahasa Arab serta peningkatannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu dengan menjelaskan, menafsirkan serta mengklarifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui beberapa masalah yang menjadikan siswa kesulitan dalam membaca dan menerjemahkan di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta antara lain: bacaan teks yang tidak berharakat, kurangnya keinginan siswa untuk banyak membaca, minimnya hafalan mufradat atau kosa kata serta lemahnya kemauan untuk mempelajarinya, serta masih banyak ditemukan siswa yang tidak mengetahui fungsi dan cara menggunakan kamus. sedangkan faktor yang menjadi penyebab siswa itu sendiri adalah dikarenakan latar belakang dari sekolah umum, lingkungan yang kurang mendukung, harakat bacaan, makna kosa kata, keinginan membaca, serta minimnya pengetahuan tentang kamus. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca dan menerjemahkan bahasa Arab siswa di antaranya: memberi dorongan untuk sesering mungkin membaca bahasa Arab dan Al-Qur’an di rumah dan memahami artinya kemudian mengikuti kegiatan ektra baca tulis Al-Qur’an, memberikan tugas rumah sesederhana apapun baik menerjemah atau bentuk lainnya, memotivasi akan pentingnya bahasa Arab dan aplikatifnya berupa hadiah bagi siswa yang baik nilainya serta penggunaan metode yang variatif agar siswa dapat lebih muda memahami dalam membaca dan menerjemahkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2013 09:14
Last Modified: 03 May 2017 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum