KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTs NEGERI SUKOHARJO

RAZIF ASH SIDIQ, NIM. 09420100 (2013) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTs NEGERI SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTs NEGERI SUKOHARJO )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTs NEGERI SUKOHARJO )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Razif Ash Sidiq. Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bahasa Arab di MTs Negeri Sukoharjo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Guru merupkan kreator dalam proses belajar mengajar, Ia adalah orang yang akan mengembangkan suasana bebas bagi siswa untuk mengkaji apa yang menarik minatnya, mengekpresikan ide-ide dan kreatifitasnya dalam batas-batas norma yang ditegakkan secara konsisten. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, maka seorang guru dituntut untuk mampu merencanakan program pembelajaran, mengorganisasikan materi pelajaran, menggunakan media yang tepat, serta menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan setiap peserta didik. Dalam proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola, struktur dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing mereka. Guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelasnya, sehingga belajar siswa berada pada tingkat optimal. Dari paparan diatas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik dan profesianal guru bahasa Arab dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya. Selain itu juga untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesianal yang dimiliki guru bahasa Arab. Obyek penelitian ini adalah guru yang bersangkutan, kepala sekolah dan siswa. Metode yang digunakan yaitu diskriptif kualitatif, dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sudah diterapkannya kompetensi pedagogik dan profesional oleh guru bahasa Arab, hal yang menunjukkan kompetensi tersebut diantaranya : pendekatan karakteristik siswa, pembuatan RPP,penggunaan metode dan media yang berfariasi seperti metode eklektif dan media LCD, dilakukannya evaluasi seperti evaluasi tulis dan lisan dan pengembangan peserta didik dengan berbagai materi tambahan. Penerapan kompetensi profesional diantaranya: bukti observasi dan wawancara yang diungkapkan siswa mengenai penguasaan dan penyampaian materi guru dengan penyampaian yang runtut dan mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diinginkan. Selain itu adanya pengembangan materi tambahan dari buku penunjang dan pemanfaatan TIK seperti penggunaan komputer, LCD dan proyektor sangat membantu minat siswa dalam belajar. Peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru selalu ditingkatkan dengan berbagai upaya, seperti diadakannya workshop dan seminar kependidikan, PTK (Penelitian Tindakan kelas), dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Dengan demikian semoga hasil penelitian dalam skripsi ini bisa memberikan kontribusi yang positif dan bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2013 09:29
Last Modified: 03 May 2017 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum