PENGARUH KEMAMPUAN ALJABAR DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MAN KARANGNOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2002/2003

ETIK MARDIYAH, NIM 98433996 (2003) PENGARUH KEMAMPUAN ALJABAR DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MAN KARANGNOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2002/2003. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Matematika sebagai salah satu bidang studi yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan perlu diupayakan pengembangannya. Salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pengajaran matematika dan pendidikan matematika adalah dengan melihat penguasaan materi pelajaran matematika yang meliputi tingkat pengetahuan dan kemampuan siswa. Selain itu juga perlu dilakukan pembenahan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar matematika yang berasal dari dalam diri siswa dan dari luar yang meliputi lingkungan alam, lingkungan sosial serta instrument yang berupa kurikulum, program sarana dan guru. Rendahnya tingkat penguasaan materi matematika berkaitan dengan berbagai masalah Penelitian ini melibatkan dua variable bebas yaitu kemampuan aljabar dan cara belajar dan satu variable terikat yaitu prestasi belajar matematika siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket. Metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan aljabar dan data mengenai prestasi belajar, metode angket untuk memperoleh data cara belajar. Sebelum analisis data untuk uji hipotesa, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas, normalitas dan linearitas serta uji independen. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa rata – rata tingkat kemampuan aljabar siswa kelas I MAN Karanganom Klaten adalah 28,93, berada pada kategori sedang/cukup, rata-rata cara belajar siswa yaitu 75,82 berada pada kategori sedang atau cukup, dan prestasi belajar matematika siswa rata-ratanya adalah 13,88 yang berada pada kategori sedang/cukup. Dalam uji homogenitas nilai F hitung adalah 1,001 < F tabel, berarti homogeny. Dalam uji normalitas, semua variable berdistribusi norma. Sedangkan dari perhitungan uji independen diperoleh hasil 18,47, dapat disimpulkan bahwa kedua variable tersebut independen, sehingga asumsi independen dapat dipenuhi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan aljabar dengan prestasi belajar matematika, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan aljabar dan cara belajar siswa secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aljabar, Matematika, Prestasi Belajar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Dec 2013 18:11
Last Modified: 17 Jan 2017 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum