EFEKTIVITAS METODE RESITASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

RIYANTI, NIM. 09680007 (2014) EFEKTIVITAS METODE RESITASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE RESITASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE RESITASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode resitasi berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Ali Maksum, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode resitasi berbasis inkuiri dalam pembelajaran biologi kelas VII SMP Ali Maksum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ali Maksum. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Samples t-test, serta analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, maka dapat disimpulkan: 1) Metode resitasi berbasis inkuiri terbimbing efektif terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor kemandirian belajar kelas eksperimen sebesar 90,80 sementara kelas kontrol sebesar 86,00 serta hasil uji Mann Whitney U test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,039< α(0,05). 2) Metode resitasi berbasis inkuiri terbimbing tidak efektif terhadap asil belajar siswa. Ha ini ditunjukkan oleh hasil pengujian terhadap nilai posttest diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,637 > α (0,05), sementara hasil pengujian terhadap gain score diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,424 > α (0,05). 3) Siswa kelas VII memberikan tanggapan baik terhadap penggunaan metode resitasi berbasis inkuiri terbimbing dengan persentase ratarata tanggapan sebesar 77,08% (kategori tanggapan baik). Kata Kunci: Metode Resitasi, Inkuiri Terbimbing, kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Inkuiri Terbimbing, kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Jan 2014 14:10
Last Modified: 07 Mar 2016 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9874

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum