IMPLEMENTASI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III MI AL FALAHIYAH MLANGI

AHMAD MUZAKI, NIM. 06420085 (2012) IMPLEMENTASI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III MI AL FALAHIYAH MLANGI. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Ahmad Muzaki, Implementasi Strategi Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III MI Al Falahiyah Mlangi. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi crossword puzzle dalam pembelajaran bahasa Arab serta peran kontribusi strategi crossword puzzle dalam peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas III MI Al Falahiyah Mlangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes evaluasi belajar pada setiap akhir siklus. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas, yaitu siswa kelas III MI Al Falahiyah Mlangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi crossword puzzle mampu memberikan kontribusi pada pengembagan strategi pembelajaran baru yang ada di MI Al Falahiyah Mlangi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas III, dimana keberhasilan siswa sangat ditentukan atau dipengaruhi oleh keberhasilan masing-masing kelompok. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya indikator keberhasilan kelas dan nilai rata-rata kelas dari sebelum ada tindakan (pre test), siklus I sampai siklus II terus ada peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil test evaluasi setiap siklusnya yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada pre test sebesar 63,8, pada siklus I sebesar 69,2 dan pada siklus II sebesar 76,9. Bukti peningkatan ini membuktikan bahwa penerapan strategi crossword puzzle dalam pembelajaran bahasa Arab mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan strategi pembelajaran baru dan peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas III MI Al Falahiyah Mlangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Mar 2014 11:56
Last Modified: 06 Apr 2017 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum