STUDY KOMPARASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA JURUSAN BAHASA DENGAN JURUSAN AGAMA DI MAN PURWOREJO

LU’LUUL AIMMAH, NIM. 07420039 (2012) STUDY KOMPARASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA JURUSAN BAHASA DENGAN JURUSAN AGAMA DI MAN PURWOREJO. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Lu’luul Aimmah. Study Komparasi Prestasi Belajar Bahasa Arab Antara Jurusan Bahasa Dengan Jurusan Agama di MAN Purworejo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini dilatar belakangi karena di MAN Purworejo sekarang mempunyai 4 jurusan yaitu jurusan IPA, jurusan IPS, jurusan Bahasa dan jurusan Agama. Jurusan Agama adalah jurusan terbaru yang dimulai sejak tahun 2010. Semua jurusan mendapatkan mata pelajaran bahasa arab dengan jumlah jam yang sama yaitu 2 jam pelajaran dalam setiap minggunya kecuali jurusan Agama. Jurusan Agama mendapatkan mata pelajaran bahasa arab dengan jumlah 3 jam pelajaran dalam setiap minggunya. Maka dengan sendirinya jurusan Agama mendapatkan jam pelajaran bahasa arab yang berbeda sendiri dengan jurusan lainnya. Hal inilah yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar antara siswasiswi jurusan bahasa dan agama, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar serta perbedaan prestasi belajar bahasa arab antara keduanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Dan termasuk penelitian kuantitatif, yang penyajian data hasil penelitiannya dipaparkan dalam bentuk angka. Sedangkan metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket (kuesioner) Hasil komparasi prestasi belajar bahasa arab antara siswa-siswi jurusan bahasa dan agama berdasarkan nilai UTS yaitu diketahui dari uji kebenaran/kepalsuan kedua hipotesa (Ha) dan (Hı) dengan membandingkan besar t hasil perhitungan (tı)dan t yang tercantum pada tabel nilai t, terlebih dahulu menetapkan degress of freedomnya atau derajat kebebasannya, dengan rumus df atau db = (�� + ��� � � � �� � ��� � � � ��� �karena dalam tabel df tidak ditemukan df sebesar 111, oleh karena itu digunakan df yang terdekat yaitu125. Dengan df 125 diperoleh t tabel pada taraf signifikansi 5% = 1,98 dan pada taraf 1% = 2,62. Jadi �� < tı > ��. Karena (tı = 13) lebih besar daripada ��, maka hipotesa nihil yang menyatakan tidak adanya perbedaan mean dari kedua sampel yang bersangkutan, tidak disetujui; berarti perbedaan mean dua sampel itu adalah perbedaan mean yang signifikan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan, bahwa skor prestasi belajar bahasa arab antara siswa-siswi jurusan bahasa dengan agama tedapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: studi komparasi, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Feb 2014 17:30
Last Modified: 07 Apr 2017 16:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum