UPAYA MENINGKATKAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU JOGOMULYO I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

LAFIYATI , NIM. 12485156 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU JOGOMULYO I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU JOGOMULYO I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU JOGOMULYO I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (715kB)

Abstract

Lafiyati, “Upaya Meningkatkan Pembiasaan Perilaku Hidup Sehat Dengan Metode Role Play Pada Kelompok A RA Muslimat NU Jogomulyo I Tempuran Magelang Tahun Ajaran 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman tentang pendidikan kesehatan dan kesadaran akan kebersihan lingkungan sekitar, khususnya di lingkungan sekolah, sehingga terlihat keadaan yang kurang baik pada diri peserta didik maupun lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dapat dilihat pada cara membuang sampah yang masih sembarangan, kurangnya kesadaran mandi, gosok gigi, cara berpakaian masih kurang rapi, dan kurangnya kesadaran memotong kuku. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah dengan metode role play pada kelompok A RA Muslimat NU Jogomulyo I Tempuran Magelang tahun ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan pembiasan perilaku hidup sehat? dan 2) Bagaimana pembiasaan perilaku hidup sehat dengan metode role play pada kelompok A RA Muslimat NU Jogomulyo I Tempuran Magelang tahun ajaran 2013/2014?. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan 2 siklus tindakan, yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh pada pra tindakan, diketahui bahwa dari 24 subjek yang akan diteliti terdapat 5 peserta didik atau 20,8 % telah melaksanakan kebiasaan hidup sehat dengan kriteria B, 8 subjek atau 33,3 % meraih kriteria C, dan 11 subjek atau 45,8 % masih berada pada kriteria kurang. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode role play, hasil tersebut meningkat menjadi 6 subjek atau 25 % telah mampu melaksanakan kebiasaan hidup sehat denan kriteria B, 11 subjek atau 48,5 % meraih kriteria C, dan masih terdapat 7 subjek atau 29,2 % dengan kriteria K. Setelah tindakan perbaikan dilanjutkan pada siklus II, diperoleh hasil akhir dengan 8 subjek atau 33,3 % telah meraih kriteria B, 14 subjek atau 58,3 % mendapatkan kriteria C dan hanya tinggal 2 subjek atau 8,3 % saja yang masih mendapat kriteria K.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembiasaan, Perilaku Hidup Sehat, Metode Role Play.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Oct 2014 01:54
Last Modified: 20 Feb 2017 04:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item