PARTISIPASI WALI MURID DALAM MENGIKUTI PROGRAM PARENTING SCHOOL DAN PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

ANINDYA AZIZAH RAHMA, NIM. 11470115 (2015) PARTISIPASI WALI MURID DALAM MENGIKUTI PROGRAM PARENTING SCHOOL DAN PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI WALI MURID DALAM MENGIKUTI PROGRAM PARENTING SCHOOL DAN PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI WALI MURID DALAM MENGIKUTI PROGRAM PARENTING SCHOOL DAN PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS IV B DI SDIT SALMAN AL FARISI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (992kB)

Abstract

Wali murid memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap masa depan anak. Keberhasilan anak di dalam menjalani hidup di dunia tergantung pada kedua orangtua. Jika orang tua salah mendidiknya, maka akan berakibat fatal bagi perkembangan kehidupan anak. Oleh karena itu, perlu ada program untuk membangun kerja sama antara orang tua dan sekolah, parenting school adalah salah satu inovasi tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan program parenting, implikasi partisipasi wali murid dalam mengikuti program parenting school dengan peningkatan prestasi siswa kelas IV B di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salman Al Farisi 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta, dan faktor pendukung serta penghambat yang dihadapi dalam penerapan program parenting school. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Salman Al Farisi 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta dan merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil judul Partisipasi Wali Murid dalam Mengikuti Program Parenting School dan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV B di SDIT Salman Al Farisi 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti bersumber dari dokumen-dokumen dan informan, sedangkan teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi dan indepth interview. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program parenting school serta partisipasi aktif wali murid kelas IV B dalam mengikuti program tersebut yang telah berjalan hampir 6 tahun ini, ternyata mampu meningkatkan prestasi belajar siswa serta menambah kreativitas siswa dalam proses pembelajaran di kelas dan lebih mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami materi-materi yang diberikan oleh sekolah dengan beberapa upaya antara lain bimbingan belajar, menyediakan fasilitas belajar, melakukan penjagaan terhadap kesehatan anak, mengawasi lingkungan pergaulan anak, melakukan kerjasama dengan guru-guru di sekolah. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan program parenting school di SDIT Salman Al Farisi 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta, faktor pendukungnya terdiri dari tempat yang nyaman, narasumber yang ahli dibidang prenting, tema yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan oran tua, motivasi dan kesadaran orang tua, pola hubungan yang sehat antara orang tua dan guru, sarana dan pra sarana lengkap, orang tua berpendidikan tinggi, sedangkan faktor penghambatnya antara lain kesibukan orang tua dan orang tua berpendidikan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Wali Murid, Parenting School, Prestasi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Aug 2015 11:16
Last Modified: 22 Aug 2015 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum