KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEPUTRIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI LAELATUL FITRI, NIM. 12410165 (2016) KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEPUTRIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEPUTRIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410165_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN KEPUTRIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410165_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Laelatul Fitri. Korelasi antara Keaktifan Mengikuti Kegiatan Keputrian dengan Prestasi Belajar Fiqih Siswi SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar Fiqih yang penting dimiliki oleh siswi. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal maupun eksternal, seperti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah informasi kepada siswa terkait dengan materi pembelajaran seperti kegiatan khutbah bagi siswa laki-laki dan kegiatan keputrian bagi siswi perempuan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana korelasi antara keaktifan mengikuti kegiatan keputrian dengan prestasi belajar Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan keputrian dengan prestasi belajar Fiqih siswi SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswi SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 181 siswi, dengan jumlah sampel sebanyak 91 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk variabel keaktifan mengikuti kegiatan keputrian, dan hasil nilai rapor untuk variabel prestasi belajar Fiqih. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 25 butir soal terdapat 24 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,872 untuk keaktifan mengikuti kegiatan keputrian siswa dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar Fiqih siswi SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 79-80. (2) Keaktifan mengikuti kegiatan keputrian berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 71-75. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan keputrian dengan prestasi belajar siswi, semakin aktif siswi mengikuti kegiatan keputrian maka semakin tinggi prestasi belajar Fiqih siswi dan semakin tidak aktif siswi dalam mengikuti kegiatan keputrian semakin rendah pula hasil prestasi belajar Fiqih siswi. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar, rxy= 0.548, p 0.005.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: .
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:36
Last Modified: 17 Oct 2016 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum