PENGARUH SIKAP, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

AHMAD SAIFULLAH NIM. 03420244, (2009) PENGARUH SIKAP, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIKAP, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIKAP, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelititan lapangan (field reseach). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara sikap (X1), minat (X2) dan motivasi (X3) terhadap prestasi hasil belajar bahasa Arab (Y) pada kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 457 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan cara cluster sample, yaitu dilakukan dengan cara mengambil subjek berdasarkan pada kelompok, adapun yang dijadikan sampel sebagai subyek penelitian adalah kelas IVA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Untuk menguji keampuhan instrumen data dilakukan dengan menggunakan uji validitas menggunakan rumus Kolmogorof Smirnov dan uji reliabilitas dengan menggunakan reliabilitas konsistensi internal dengan formula koefisien alpha Cronbach. Persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Chi Square, uji linieritas data menggunakan rumus uji F, untuk analisis data menggunakan regresi linier. Hasil penelititan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara X1 terhadap Y, X2 terhadap Y, X3 terhadap Y secara sendiri-sendiri, maupun X1, X2, X3 terhadap Y secara bersama-sama. Tidak adanya pengaruh ini dapat dilihat dari perolehan penghitungan uji hipotesis pertama, hasil yang didapat adalah -0,519 (Thitung) 2,024(Ttabel), hasil hipotesis kedua -0,404 (Thitung) 2, 024(Ttabel), hasil hipotesis ketiga -1,946(Thitung) 2,024(Ttabel), dan hasil hipotesis keempat -0,102, 0,653, dan -1,929(Thitung) 2,024(Ttabel). Sumbangan Efektif sikap, minat dan motivasi secara bersama terhadap variabel dependen sebesar SE=10,13%. Selebihnya ada sebanyak 89,87% variabel bebas yang mempengaruhi prestasi hasil belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maksuddin, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Sikap, Minat, Motivasi, Belajar, Prestasi Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 08 Aug 2012 16:28
Last Modified: 03 Apr 2017 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum