ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA BANK MUAMALAT, BANK SYARIAH BUKOPIN, DAN BANK VICTORIA SYARIAH: MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DAN GROVER G-SCORE PERIODE 2012-2015

RAHMATULLOH, NIM. 13820185 (2017) ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA BANK MUAMALAT, BANK SYARIAH BUKOPIN, DAN BANK VICTORIA SYARIAH: MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DAN GROVER G-SCORE PERIODE 2012-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA BANK MUAMALAT, BANK SYARIAH BUKOPIN, DAN BANK VICTORIA SYARIAH: MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DAN GROVER G-SCORE PERIODE 2012-2015)
13820185_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA BANK MUAMALAT, BANK SYARIAH BUKOPIN, DAN BANK VICTORIA SYARIAH: MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DAN GROVER G-SCORE PERIODE 2012-2015)
13820185_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kesehatan dari bank umum syariah dan juga memprediksi potensi kebangkrutan dari bank umum syariah itu sendiri. Semakin awal potensi kebangkrutan diketahui, maka semakin baik untuk melakukan tidakan korektif dan antisipatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan target penelitian adalah 3 bank umum syariah di Indonesia yang telah berdiri dari tahun 2010. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Datanya ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan Bank Indonesia yang telah dipublikasikan antara tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Altman Z-Score modifikasi dan model Grover G-score. Model Altman pengukurannya akan diwakili oleh rasio net working capital to total asset, retained earning to total asset, earning before interest and tax to total asset, book value of equity to book value of total liabilities. Sementara itu, model Grover G-score alat ukurnya diwakili oleh rasio net working capital to total asset, earning before interest and tax to total asset, dan ROA (net income to total asset). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesehatan bank umum syariah menggunakan model Altman Z-score masuk kedalam kategori yang “sehat” selama tahun 2012-2015. Model Grover G-score juga menunjukkan bahwa bank umum syariah berada pada kategori yang “sehat” selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Hal ini karena z-score masing-masing Bank Umum Syariah (Bank Muamalat, Bank Syariah Bukopin, dan Bank Victoria Syariah) selama empat tahun terakhir nilainya diatas batas kriteria “sehat” ( 2,9).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, SE., M.Si., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Kebangkrutan, model Altman Z-score, Model Grover G-score, net working capital to total asset, retained earning to total asset, earning before interest and tax to total asset, book value of equity to book value of total liabilities, dan ROA (net income to total asset).
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Mar 2017 13:45
Last Modified: 24 Mar 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum