EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS FACEBOOK DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

JOKO WARSITO, NIM. 10420033 (2017) EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS FACEBOOK DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS FACEBOOK DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
10420033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS FACEBOOK DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
10420033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji media sosial facebook sebagai media pembelajaran bahasa Arab bagi Mahasiswa di Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diharapkan mampu menjadi media alternatif sebagai media pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 mahasiswa. Sampel tersebut dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal ujian sebanyak 19 soal. Teknik pengumpulan data melalui tes. Sedangkan analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata Bahasa Arab mahasiswa yang tidak menggunakan facebook sebagai media pembelajaran bahasa arab adalah 76,92. Median nilai tersebut terletak pada nilai 80. Sedangan Modus nilai tersebut adalah 80. Selain itu dapat kita ketahui pula bahwa nilai tertinggi yang diperoleh oleh mahasiswa yaitu 90. Sedangkan nilai yang terendah adalah 60. 2) Nilai rata-rata Bahasa Arab mahasiswa yang menggunakan facebook sebagai media pembelajaran bahasa arab adalah 91,15. Median nilai tersebut terletak pada nilai 95. Modus nilai tersebut adalah 95. Selain itu dapat kita ketahui pula bahwa nilai tertinggi yang diperoleh oleh mahasiswa yaitu 100. Sedangkan nilai yang terendah adalah 80. 3) Nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari pada 0,05, dengan merujuk pada angka tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan facebook, dengan pembelajaran yang tidak facebook. Kesimpulan ini diperkuat juga dengan melihat nilai rata-rata kelompok eksperimen/kelas yang menggunakan facebook sebagai media pembelajaran, yaitu sebesar 91,15, sedangkan skor nilai rata-rata kelompok kontrol adalah sebesar 76,92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Media pembelajaran facebook, Pusat pengembangan bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 11:49
Last Modified: 27 Jul 2017 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum