STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAN BATIK NAKULA SADEWA DI YOGYAKARTA DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM

AANG AHMAD ARMAWAN, NIM. 97382931 (2004) STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAN BATIK NAKULA SADEWA DI YOGYAKARTA DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAN BATIK NAKULA SADEWA DI YOGYAKARTA DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAN BATIK NAKULA SADEWA DI YOGYAKARTA DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

System ekonomi Islam belum banyak diketahui oleh masyarakat. Ia hanya dipahami dan dipelajari pada perguruan tinggi dan belum dapat menyentuh kalangan masyarakat bawah. Akan tetapi akhir-akhir ini system ekonomi Islam banyak dicari dan digunakan oleh perusahaan dan bahkan bank-bank swasta nasional. Salah satu perusahaan yang menjadi obyek penelitian ini adalah Perusahaan Batik Nakula-Sadewa. Perusahaan batik banyak tersebar di Yogyakarta, maka dari itu strategi bersaing di dalam satu perusahaan dengan yang lain sangat berbeda. Menghadapai persaingan industri batik vang semakin kompetitif di wilayah Yogyakarta dan sekitamya. Maka perusahaan Batik Nakula-Sadewa perlu mengantisipasi pesaing-pesaingnya serta berusaha untuk meningkatkan volume produksi dan distribusi pada pasa yang lebih luas. Dalam hal ini tidak hanya dalam pasar lokal, tetapi juga untuk pasar intemasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan pendekatan eksploratif-analitik. Artinya pendekatan ini dilakukan dengan meneliti langsung pada obyek penelitian, dengan menggali permasalahan yang ada sesuai dengan kondisi obyektif di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah, Strategi bersaing yang dilakukan oleh perusahaan batik "Nakula- Sadewa" dalam melakukan persaingan dapat mengarah kearah kemajuan perusahaan, serta mampu mendorong lingkungan sekitar perusahaan untuk meningkatkan perekonomian warga dan mampu terciptanya iklim persaingan yang sehat antar industri kecil sejenis. Kedua, Tinjauan hokum Islam terhadap strategi bersaing pada perusahan batik Nakula-Sadewa adalah mubah (boleh) untuk semua jenis strategi yang dilakukan sebagaimana pada pembahasan terdahulu, sepanjang yang dilakukan tidak ada unsur merugikan pihak lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Fatma Amilia, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perusahan Batik Nakula Sadewa, Ekonomi Islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Aug 2017 10:35
Last Modified: 14 Aug 2017 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum