RELEVANSI BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X DAN XI DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH

MUHAMMAD IRFANDI RAHMAN, NIM: 13410116 (2017) RELEVANSI BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X DAN XI DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X DAN XI DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH)
13410116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH KELAS X DAN XI DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH)
13410116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

MUHAMMAD IRFANDI RAHMAN (13410116). Relevansi Buku Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X Dan XI Dengan Standar Isi Kurikulum 2013 Pada Madrasah. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga 2017. Buku pelajaran memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pendidikan, dalam implementasi Kurikulum 2013 buku pelajaran merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa dilepaskan. Buku pelajaran idealnya selaras dengan tujuan yang hendak dicapai dalam suatu kurikulum pendidikan, salah satunya adalah Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan kurikulum tersebut maka isi buku pelajaran idealnya relevan dengan standar isi kurikulumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kesesuaian antara KI-KD, judul bab, sub bab materi, uraian materi, dan evaluasi dalam buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas X dan XI. (2) Relevansi materi pembelajaran dalam buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas X dan XI dengan Standar Isi Kurikulum 2013 pada Madrasah. (3) Dampak penggunaan buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas X dan XI dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan cara membaca dan menelaah buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis isi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas X dan XI yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, didalamnya masih terdapat ketidaksesuaian antara KI-KD dengan judul bab, judul bab dengan sub bab materi, sub bab materi dengan uraian materi, dan evaluasinya. (2) Pada buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas X terdapat 2 bab yang sudah relevan dan 3 bab yang kurang relevan dengan Standar Isi Kurikulum 2013. Sedangkan pada buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas XI terdapat 5 bab yang sudah relevan dan 3 bab yang kurang relevan dengan Standar Isi Kurikulum 2013.(3) Buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas X dan XI tidak memberikan dampak yang signifikan bagi kegiatan pembelajaran peserta didik di MAN 4 Sleman karena jarang digunakan. Buku pelajaran SKI Madrasah Aliyah kelas X dan XI tidak digunakan sebagai sumber pembelajaran pokok namun sebagai sumber pembelajaran pelengkap.Sedangkan di MAN 3 Sleman buku pelajaran SKI meskipun tidak memberikan dampak yang signifikan akan tetapi membantu guru dalam memperkaya wawasan peserta didik dan membantu guru dalam melakukan evaluasi dan materinya pun relevan jika didukung oleh skill guru dalam mengkontekstualkan materi pembelajaran. Kata Kunci: Relevansi, Buku Pelajaran, Standar Isi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Buku Pelajaran, Standar Isi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:55
Last Modified: 30 Oct 2017 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27900

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum