EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN “INI HURUF AWALKU” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 SLEMAN) TAHUN AJARAN 2017/2018

Anjahana Fakhiroh, NIM: 14420108 (2018) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN “INI HURUF AWALKU” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 SLEMAN) TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN “INI HURUF AWALKU” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 SLEMAN) TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN “INI HURUF AWALKU” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 SLEMAN) TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di MTs Negeri 3 Sleman masih monoton dengan metode ceramah dan drill method serta kurang dalam menerapkan media pembelajaran. Oleh karena itu, penulis mencoba menerapkan media pembelajaran berupa permainan edukatif bahasa Arab “Ini Huruf Awalku” sebagai suatu media pembelajaran alternatif. Penulis juga berharap bahwa media permainan ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penguasaan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran mufradat melalui media permainan “Ini Huruf Awalku”. (2) Mengetahui efektivitas penerapan media permainan “Ini Huruf Awalku” dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian experimental research (penelitian eksperimen). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group Design sebagai desain penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 59.75 menjadi 84.1944 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 56.5 menjadi 65.11. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) Media permainan “Ini Huruf Awalku” dikatakan efektif dalam pembelajaran mufradat di kelas VII MTsN 3 Sleman. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T jenis Paired Sample T-Test dengan signifikansi 0.000 < 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil pembelajaran mufradat siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan “Ini Huruf Awalku” dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan “Ini Huruf Awalku”, Pembelajaran Mufradat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nasiruddin, M.S.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan “Ini Huruf Awalku”, Pembelajaran Mufradat.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jan 2019 16:18
Last Modified: 09 Jan 2019 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum