EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DILENGKAPI DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

SITI FATIMAH, NIM. 13600021 (2018) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DILENGKAPI DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DILENGKAPI DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
13600021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DILENGKAPI DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
13600021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran guided discovery (penemuan terbimbing) dilengkapi dengan alat peraga dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode pembelajaran guided discovery (penemuan terbimbing) dilengkapi dengan alat peraga, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pleret tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII D dan VIII E sejumlah 56 siswa. Kelas VIII D dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan metode guided discovery (penemuan terbimbing) dilengkapi dengan alat peraga. Kelas VIII E dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest dan skala sikap. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik parametrik yaitu Uji-t dan statistik non parametrik yaitu Mann Whitney U. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode guided discovery (penemuan terbimbing) dilengkapi dengan alat peraga lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Guided Discovery, Alat Peraga, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2019 09:57
Last Modified: 09 Jan 2019 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum